SAMBUTAN PADA UPACARA PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN LOMBOK TENGAH KE-72 15 OKTOBER 2017

 Dokumen

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

 

YANG SAYA HORMATI,

KELUARGA BESAR MASYARAKAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH DAN PARA PESERTA UPACARA YANG SAYA BANGGAKAN.

ALHAMDULILLAH WASYUKURILLAH, PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA, YANG TELAH MEMBERIKAN KARUNIA NIKMAT KESEHATAN, KE’AFIATAN DAN HIDAYAHNYA KEPADA KITA SEKALIAN, SEHINGGA PADA PAGI HARI YANG BERBAHAGIA INI, KITA DIBERIKAN KESEMPATAN UNTUK SAMA-SAMA MENGIKUTI UPACARA PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN LOMBOK TENGAH KE-72 TAHUN 2017.

DALAM USIA YANG KE-72 INI, KABUPATEN LOMBOK TENGAH TERUS TUMBUH MENJADI DAERAH YANG SEMAKIN BERKEMBANG. KITA BISA SAKSIKAN PEMBANGUNAN DI SEGALA BIDANG TERUS MENGALAMI PENINGKATAN. PROGRES PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA RESORT PUN SEMAKIN JELAS, PEMBANGUNAN MASJID AGUNG MANDALIKA DI KAWASAN TERSEBUT SUDAH SELESAI DAN TINGGAL MENUNGGU PERESMIANNYA, PENATAAN PINGGIR PANTAI KUTA JUGA SUDAH MERUBAH PENAMPILAN PANTAI KUTA SEMAKIN INDAH DAN MENARIK. DEMIKIAN JUGA HALNYA DENGAN PEMBANGUNAN HOTEL DAN RESORT BERSKALA INTERNASIONAL TERUS DILAKUKAN.   KAMI MOHON DOA MASYARAKAT LOMBOK TENGAH AGAR RENCANA PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA RESORT DAPAT BERJALAN SESUAI HARAPAN KITA SEMUA.   

SELAIN KEMAJUAN PEMBANGUNAN DI KEK MANDALIKA, BEBERAPA WAKTU YANG LALU JUGA TELAH DILAKSANAKAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN POLITEKNIK PARIWISATA LOMBOK YANG BERLOKASI DI EKS PTP PUYUNG. HAL INI GUNA MENUNJANG KEBUTUHAN SUMBERDAYA MANUSIA DAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN TENAGA YANG TERAMPIL DI BIDANG KEPARIWISATAAN SAAT BEROPERASINYA KEK NANTI MAUPUN KAWASAN LAINNYA. KEBERADAAN POLTEKPAR LOMBOK DI DAERAH KITA MENJADI BUKTI YANG KONKRIT BAHWA KABUPATEN LOMBOK TENGAH ADALAH DAERAH YANG STRATEGIS DAN MEMILIKI POTENSI BESAR SERTA MENUNJUKKAN KEPERCAYAAN PEMERINTAH PUSAT KEPADA DAERAH KITA TERCINTA.  DISAMPING ITU  JUGA, BERBAGAI PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTUKTUR PENUNJANG UNTUK MENDUKUNG KEBERADAAN KEK DENGAN SENDIRINYA MENDAPATKAN PIORITAS DARI PEMERINTAH PUSAT.

 

BAPAK IBU DAN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI

KAMI SEPENUHNYA MENYADARI BAHWA DALAM ERA PENGABDIAN KAMI SAAT INI, BEGITU BANYAK HARAPAN MASYARAKAT YANG DILETAKKAN DI PUNDAK KAMI YANG HARUS KAMI IKHTIARKAN UNTUK DAPAT TERPENUHI DENGAN BAIK. JIKA PADA PERIODE SEBELUMNYA, PEMERINTAHAN KABUPATEN LOMBOK TENGAH MENGUSUNG JARGON 2 R (RURUNG DAN REBAN) SEBAGAI KOMITMEN BESAR YANG ALHAMDULILLAH TELAH BERUSAHA DIWUJUDKAN DENGAN OPTIMAL DI KEDUA SEKTOR TERSEBUT. MAKA DALAM PERIODE SAAT INI, KAMI MASIH TETAP TEGUH PADA KOMITMEN TERSEBUT YANG DILENGKAPI DENGAN SEKTOR KETIGA SEHINGGA MENJADI 3 R YAITU RURUNG, REBAN DAN REZEKI.

PADA PERIODE KEDUA INI, KAMI TETAP MENGUSUNG VISI LOMBOK TENGAH BERSATU (BERIMAN, SEJAHTERA DAN BERMUTU). Untuk mewujudkan visi TERSEBUT, maka TELAH dirumuskan 5 (LIMA) misi pembangunan Kabupaten LOMBOK TENGAH, yaitu:

  1. MENINGKATKAN KERUKUNAN, KEDAMAIAN DAN KEHARMONISAN KEHIDUPAN  BERMASYARAKAT  DAN BERAGAMA MELALUI REVOLUSI MENTAL  DENGAN MENGEDEPANKAN  NILAI NILAI AGAMA DAN  KEARIFAN LOKAL;
  2. MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL, KECERDASAN DAN KESEHATAN  MASYARAKAT DENGAN MENGEDEPANKAN KEADILAN DAN KESETARAAN GENDER;
  3. MENDORONG KEMAJUAN EKONOMI DAERAH DAN KEMAKMURAN  MASYARAKAT MELALUI PERKUATAN STRUKTUR EKONOMI MASYARAKAT  DENGAN DUKUNGAN   STABILITAS  KAMTIBMAS;
  4. MENJAGA KESELARASAN, KESERASIAN DAN KETERPADUAN PEMBANGUNAN KAWASAN DAN ANTAR KAWASAN DENGAN DUKUNGAN INFRA STRUKTUR YANG MEMADAI;
  5. MEWUJUDKAN KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN KEPASTIAN HUKUM DENGAN DUKUNGAN   BIROKRASI YANG MEMILIKI PELAYANAN PUBLIK BERKUALITAS.

KEMUDIAN UNTUK MENJAMIN TERCAPAIANYA VISI DAN MISI INI, DENGAN MEMPERHATIKAN PERMASALAHAN PEMBANGUNAN YANG DIHADAPI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH, DIRUMUSKAN KEBIJAKAN UMUM PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN 2016-2020 YANG DIPRIORITASKAN PADA 5 (LIMA) PRIORITAS PEMBANGUNAN YAKNI:

  1. PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN NILAI-NILAI AGAMA DAN KEARIFAN LOKAL;
  2. PENINGKATAN AKSES DAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL;
  3. PENGUATAN STRUKUR EKONOMI DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM;
  4. PENINGKATAN KUALITAS INFRASTRUKTUR KABUPATEN DAN PENATAAN WILAYAH PERKOTAAN PRAYA;
  5. PENINGKATAN KAPASITAS PEMERINTAH DAERAH DAN PELAYANAN PUBLIK.

 

HADIRIN PESERTA UPACARA YANG SAYA CINTAI,

          PEMBANGUNAN YANG TERUS KITA LAKUKAN SAAT INI TIDAK HANYA BERSIFAT FISIK SEMATA, NAMUN JUGA DISEIMBANGKAN DENGAN PEMBANGUNAN YANG BERSIFAT NON FISIK. KARENA KAMI SADARI BAHWA TIDAK ADA ARTINYA BERBAGAI PEMBANGUNAN YANG KITA LAKUKAN TANPA DIDUKUNG SUMBERDAYA MANUSIA YANG MAMPU MENGELOLA DAN MEMANFAATKAN BERBAGAI ANUGERAH YANG KITA MILIKI. DISAMPING ITU JUGA KESEIMBANGAN PEMBANGUNAN ANTAR WILAYAH JUGA KITA LAKUKAN, DENGAN MEMBAGI WILAYAH LOMBOK TENGAH MENJADI TIGA ZONA PEMBANGUNAN YAITU ZONA UTARA (AIK MENENG), ZONA TENGAH (TUNJUNG TILAH) DAN ZONA SELATAN (EMPAK BAU). DENGAN DEMIKIAN SECARA SIMULTAN KITA MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DAN BERKESEIMBANGAN.

          MELALUI MOMEN YANG BERMAKNA INI, SAYA MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK MENINGKATKAN RASA KECINTAAN TERHADAP DAERAH KITA. KITA TULARKAN RASA CINTA ITU KEPADA ANAK-ANAK KITA, KEPADA MASYARAKAT KITA. REFLEKSIKAN CINTA TERSEBUT DENGAN KERJA-KERJA NYATA KITA UNTUK KABUPATEN LOMBOK TENGAH. JAGA SELALU KEAMANAN DAN KEDAMAIAN WILAYAH MASING-MASING. JAGA SELALU SEMANGAT PERSATUAN KITA. KITA SEMAKIN BERSATU, INSYAALLAH KITA SEMAKIN MAJU.

          PADA MOMEN INI PULA, KAMI SUHAILI-PATHUL BAHRI, MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN KEPADA SEMUA ELEMEN MASYARAKAT ATAS SETIAP DOA DAN DUKUNGAN UNTUK PEMBANGUNAN LOMBOK TENGAH. KAMI JUGA MENYAMPAIKAN PERMOHONAN MAAF APABILA SAMPAI SAAT INI, KAMI BELUM SEMPURNA MELAYANI. INSYA’ALLAH, KAMI AKAN SELALU BERIKHTIAR BERBUAT YANG TERBAIK UNTUK GUMI TATAS TUHU TRASNA.

DIRGAHAYU KABUPATEN LOMBOK TENGAH

“MANDALIKA SHOLAH SHOLEH SHOLOH”

“LOMBOK TENGAH BERSATU SEMAKIN MAJU”

“DARI TASTURA UNTUK GUMI GORA”

 

WABILLAHI TAUFIQ WALHIDAYAH

WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

 BUPATI LOMBOK TENGAH

 

                  

     MOH. SUHAILI FT

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply